Prakata

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

SELAMAT DATANG kepada para pengunjung blog Penyuluh Agama Islam Kementerian Agama - Kantor Urusan Agama Kecamatan Serang Baru Kabupaten Bekasi.

Blog ini kami hadirkan sebagai sarana komunikasi Penyuluh Agama kepada masyarakat, khususnya warga kecamatan Serang Baru dan media serap aspirasi ummat.

Besar harapan kami, untuk mendapatkan masukan dan saran - saran positif untuk meningkatkan kinerja Penyuluh Agama secara khusus dan KUA serta Kementerian Agama secara umum.

Semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua dan semoga memberi kontribusi untuk kemajuan kecamatan Serang Baru tercinta.

Wassalamu'alaikum. Wr. Wb.

Judi Muhyiddin, S.Sos.I.

Pokjaluh Kab. Bekasi

Penyusunan Laporan Pelaksanaan Penyuluh Agama

Diposkan oleh Admin Selasa, 04 Mei 2010

A. PENGERTIAN

Laporan adalah satu bentuk penyajian data agar dapat memberikan suatu gambaran atau informasi kepada seseorang ataun suatu organisasi dengan suatu cara yang efektif dan efisien dan dapat dijadikan suatu informasi yang tepat, lengkap dan akurat.

B. SISTEM PELAPORAN
Sistem pelaporan yang akan diterapkan dalam kegiatan bimbingan atau penyuluhan agama dan pembangunan oleh Penyuluh Agama disini adalah sistem pelaporan dengan:
1. Bentuk : campuran antara blanko isian dan uraian
Dengan blanko isian, diharapkan PA dapat melaksanakan pelaporan dengan mudah dan baik tanpa mengurangi kelengkapan informasi yang dibutuhkan dalam laporan tsb, sedangkan dengan uraian yang sederhana mungkin sebagai pendukung, diharapkan tidak menyulitkan PA.

2. Waktu : periode mingguan
Dengan periode mingguan, diharapkan dapat memicu PA untuk melaksanakan tugas pokoknya secara rutin, teratur dan terencana

3. Tingkatan: sesuai dengan wilayah menurut jabatan Penyuluh Agama.
Dengan tingkatan wilayah, diharapkan tidak terjadi tumpangn tindih pelaksanaan tugas pokok baik masing-masing PA sesuai dengan tingkat jabatannya.
C. JENIS LAPORAN

1. Laporan Bimbingan atau Penyuluhan
Adalah suatu bentuk penyajian data yang berisi kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh PA selama kurun waktu satu minggu dalam melaksanakan bimbingan atau penyuluhan di bidang keagamaan dan pembangunan kepada masyarakat muslim yang menjadi kelompok binaannya, baik secara langsung bertatap muka atau melalui media massa

2. Laporan Konsultasi
Adalah suatu bentuk penyajian data yang berisi kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh PA selama kurun waktu satu minggu dalam memberikan arahan dan bimbingan langsung melalui dialog dua araha di bidang keagamaan dan pembangunan kepada masyarakat muslim yang membutuhkan konsultasi, baik secara perorangan atau kelompok

D. BAHAN LAPORAN
1. Selalu siap dengan rencana kegiatan operasional.
2. Memiliki jadwal kegiatan/ bimbingan.
3. Memiliki catatan harian untuk menulis rincian kegiatan penyuluhan yang dilakukan setiap hari, meliputi waktu, jenis, materi, sasaran, dan hasil penyuluhan.
4. Memiliki map untuk menyiapkan materi.
5. Memiliki map untuk menyimpan laporan.
6. Memiliki meja kerja khusus, jika memungkinkan memiliki ruang kerja khusus.
7. Memiliki tempat penyimpanan buku catatan dan map-map tersebut, misalnya odner, lemari.

E. MATERI PENYULUHAN
Adalah pokok bahasan tertulis yang disusun oleh PA untuk dijadikan bahan bimbingan atau penyuluhan kepada kelompok sasaran tertentu, baik yang berkaitan dengan bidang keagamaan maupun bidang pembangunan.

Materi penyuluhan yang digunakan untuk penyuluhan dari berbagai kelompok sasaran selama satu minggu

F. KELOMPOK SASARAN/BINAAN
Adalah kelompok dalam masyarakat yang menjadi binaan atau sasaran penyuluh agama dalam melaksanakan bimbingan/penyuluhan, yang dilaporkan untuk kelompok sasaran/binaan yaitu yang berkaitan dengan jenis kelompok sasaran, jumlah dari masing-masing kelompok sasaran/binaan baik jumlah keanggotaannya maupun jumlah kehadirannya.

G. PELAKSANAAN KEGIATAN
Tidak semua kegiatan sebagaimana tertuang dalam Keputusan Menteri Menko Wasbangpan No. 54/Kep/Mk. Waspan/9/ 1999 Bab III tentang Bidang dan Unsur Kegiatan yang btelah dilakukan oleh PA dituangkan dalam laporan, akan tetapi dibatasi dengan satu bidang saja, yaitu bidang bimbingan atau penyuluhan agama dan pembangunan yang meliputi unsur kegiatan:

1) Persiapan bimbingan atau penyuluhan
2) Pelaksanaan bimbingan atau penyuluhan
3) Pemantauan, evaluasi dan pelaporan hasil pelaksanaan bimbingan atau penyuluhan
4) Pelayanan konsultasi agama dan pembangunan.

Dalam penyusunan laporan, yang harus dikemukakan oleh PA berkenaan dengan pelaksanaan kegiatan disini adalah:
1) Uraian kegiatan
2) Waktu dan lamanya pelaksanaan
3) Tempat pelaksanaan
4) Tingkat pencapaian hasil.

H. TEKNIK PENYUSUNAN LAPORAN MINGGUAN

1. Laporan Bimbingan atau Penyuluhan

Bukti fisik kegiatan laporan mingguan bimbingan atau Penyuluhan adalah naskah laporan mingguan. Setiap naskah laporan mingguan yang dibuat memperoleh nilai angka kredit yang berbeda sesuai dengan tingkat jabatan PA yang membuatnya, sebagaimana tersebut pada tabel berikut:

Penyusunan laporan Satuan Nilai
Angka Kredit
PA Terampil Pelaksanan
PA Terampil Pelaksanan Lanjutan
PA Terampil Penyelia
PA Ahli Pertama
PA Ahli Muda
PA Ahli Madya Setiap naskah
Setiap naskah
Setiap naskah
Setiap naskah
Setiap naskah
Setiap naskah 0.008
0.02
0.04
0.02
0.04
0.06

a. Mekanisme Penyusunan Laporan Mingguan

a.1. Laporan Mingguan untuk Kelompok Binaan Tetap

Laporan Mingguan untuk Kelompok Binaan Tetap PA yang mempunyai kelompok binaan tetap lebih dari satu, apabila setiap kelompok binaan diberikan bimbingan atau penyuluhan sekurang-kurangnya satu kali dalam seminggu, maka naskah laporan mingguan dibuat sebanyak kelompok binaan. Akan tetapi apabila bimbingan atau penyuluhan diberikan kurang dari satu kali dalam seminggu, maka laporan mingguan dibuat hanya satu naskah untuk seluruh kelompok binaan.

Contoh:
Drs.H.Abdul Khaliq, PA Ahli Muda/Penata Tk I (III/d), bertugas pada Kandepag Kodya Depok. Dalam pelaksanaan tugasnya, ybs mempunyai tujuh kelompok binaan tetap. Setiap kelompok binaan diberikan bimbingan atau penyuluhan agaman seminggu sekali. Kelompok binaan tersebut yaitu:
1) Majlis taklim Al-Huda Sawangan
2) Majlis Taklim Arridho Cimanggis
3) Komplek Perumahan Depok Jaya
4) Karyawan Instansi Pemda Tk II. Kota Depok
5) Remaja Masjid Mekarsari
6) Pondok Pesantren Al-Hamidiyah
7) Komplek Real Estate Pesona Depok

Karena kegiatan bimbingan atau penyuluhan diberikan sekali dalam seminggu kepada setiap kelompok binaan, maka laporan mingguan yang dibuat oleh Drs.H.Abdul Khaliq adalah tujuh naskah atau setiap kelompok binaan dibuatkan satu naskah laporan mingguan.

a.2. Laporan Mingguan untuk Kelompok Binaan Tidak Tetap

PA disamping memberikan bimbingan atau penyuluhan kepada kelompok binaan tetap, biasanya juga melakukan kegiatan bimbingan atau penyuluhan kepada kelompok binaan tidak tetap.

Pelaksanaan bimbingan atau penyuluhan kepada kelompok binaan tidak tetap harus disertai dengan surat tugas dari pimpinan unit kerja PA ybs

Dalam hal ini, penyusunan laporan mingguannya dibuat dalam satu naskah, walaupun dalam seminggu PA ybs memberikan bimbingan atau penyuluhan lebih dari satu kali.

b. Sistimatika Penyusunan Laporan Mingguan

a. Laporan Mingguan oleh PA Terampil
Penyusunan laporan mingguan oleh PA Terampil dibuat dalam bentuk dan sistematika sebagaimana contoh tersebut pada lampiran 1

b. Laporan Mingguan oleh PA Ahli
Penyusunan laporan mingguan oleh PA Ahli dibuat dalam bentuk dan sistematika sebagaimana contoh tersebut pada lampira II
Pada dasarnya bentuk dan sistematika penyusunan laporan mingguan oleh PA Ahli hampir sama dengan bentuk dan sistematika penyusunan laporan mingguan oleh PA Terampil. Yang membedakan adalah adanya tambahan variabel isian sebagai berikut:

a) Evaluasi terhadap materi, peserta dan penyelenggara
b) Masalah-masalah yang ditemukan yang berkaitan dengan bimbingan atau penyuluhan
c) Alternatif pemecahan yang memungkinkan masalah-masalah tersebut dapat diatasi.

2. Laporan Pelayanan Konsultasi

Kegiatan menyusun laporan hasil konsultasi perorangan atau kelompok yang disertai dengan bukti fisik naskah laporan dihargai dalam bentuk angka kredit. Setiap naskah yang dibuat, nilainya berbeda-beda sesuai dengan tingkat jabatan PA yang membuatnya, sebagaimana tersebut pada tabel berikut:

Sebagaimana penyusunan laporan mingguan pelaksana bimbingan atau penyuluhan, sistimatika penyusunan laporan pelayanan konsultasi agama dan pembangunan, baik kepada perorangan maupun kelompok juga dibedakan menurut klasifikasi jabatan PA.


Disampaikan Oleh:
Ai Choiriyah
WI BDK Bandung

2 komentar

  1. muhammad berkomentar:
  2. mas, mohon ditampilkan contoh blangko atau draf laporan mingguan/bulanan, trims

     
  3. Ahmad Sarno berkomentar:
  4. Terima atas infonya

     

Poskan Komentar

Bagikan

Silaturahim

About Me

Foto Saya
Admin
Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
Pusat Media Mahfudz Siddiq
Lihat profil lengkapku

Banner Penyuluh

Blog Penyuluh Untuk memasang banner kami silahkan salin kode HTML berikut:

Followers